Rabu, 12 September 2007

Linux - Gratis !!!! / Bayar

Sudah tidak asing kta mendengar kata Linux, akhir-akhir ini dunia gencar memberitakan Linux, karena apa!!!.
Karena dengan Linux kita bisa berhemat dalam hal membeli software asli bahkan gratis. Di internet kita bisa bebas memilih software OS Linux yang kita inginkan dan ada pula Linux yang tidak gratis dan ada pula yang 1/2 gratis (beli cd yg ready untuk di install dari site penjual Linux tsb).
Kita heran mengapa pemerintah kita 1/2 hati dalam hal ini, seharusnya sejak dini (usia sekolah dasar sudah diajarkan menggunakan Linux) kita lihat masyarakat kita masih kesusahan memakai Linux dalam pemakaian sehari-hari di perkantoran, di perdagangan dll.
Dengan menggunakan Linux sebetulnya perintah kita bisa berhemat dalam pengeluaran devisa yang terbuang percuma karena harus membeli software asli.
Masyarakat kita sendiri tidak pernah di edukasi atau diberi pembelajaran mengenai seluk beluk Linux ini, ini sangat disayangkan karena sepertinya teknologi komputer ini sangat disepelekan oleh semua pihak. Dari pemerintah, penjual, masyarakat pemakai (semua tidak bersemangat memakai Linux ini).
Sebetulnya pemerintah kita harus menerjunkan tim IT nya ke semua lini untuk memberikan advis, petunjuk dll mengenai Linux ini karena pemerintah pulalah yang mempunyai fasilitas seperti ini (departemen ristek/IT/Lipi dll).
Tetapi sampai saat ini kita lihat sendiri, kita tidak pernah dididik untuk menerjuni Linux tersebut (sebutkan jika ada program pemerintah yang secara langsung menyentuh ke masyarakat kita untuk menggunakan linux) pasti 10000% tidak ada kan.
Parahnya kita sendiri juga menyukai hal-hal yang bisa diambil secara sembarangan (dibajak) asal tidak ketahuan........
Kalau sudah diperiksa oleh tim pemeriksa software bajakan baru kita sibuk luar biasa untuk mencari alternatip yg lain. Dan kalu sudah kena maka berapa biaya untuk negoisasi-nya. (sudah disita, komputer bisa pindah tempat ke tempat yg tidak bisa diambil kembali, keluar uang denda, diberitakan di media, dll)sedihnya nasib ini ...
Hai teman-temanku yang pintar-pintar, kenapa anda berdiam diri, cobalah berikan petunjuk dan kerja nyata ke tengah-tengah kita secara terus menerus untuk memakai Linux ini, kita yakin bahwa masyarakat kita tidak semuanya goblok bin tolol.
Tentunya pemerintah harus turun tangan juga, tidak hanya menyebar ancaman software bajakan tetapi langsung ke tengah masyarakat kita untuk memberi dukungan dan tenaga serta biaya untuk memakai Linux ini.
Semoga pembaca yang budiman bisa ikut rembug dan memberi dukungan ke semua masyarakat kita untuk hal ini.
Salam.....

Tidak ada komentar: